doushite kimi wo sukini natte.....

maaf teman2 yang merasa terganggu dengan blogku ini-,-
awalnya mau bikin blog buat bahasa jepang, malah nyasar... hahahaha
tapi itulah kelebihan belajar bahasa jepang.....
ga usah baca buku ini itu yang berat-berat....
kalau mau pinter, justru harus banyak nonton anime, dorama, dengerin lagu, baca manga-raw*maksaa...
begitulah... enaknya belajar bahasa negeri matahari ini....

untuk bab sekarang saya akan membahas kalimat pertama untuk lagu doushitenya Tohoshinki.
lagu ini adalah lagu tohoshinki kesekian yang saya dengar....
tapi kalimatnya adalah kalimat yang pertama saya apal diluar pelajaran. why? karena dulu saya tidak terlalu tertarik dengan bahasa jepang.... fufufufufu
lagu ini cukup unik.... membuat kata  DOUSHITE -WHY? menjadi mudah diingat.
karena itu.... dulu sekali.... kalau ada teman saya bilang doushite, kami akan melanjutkannya dengan...
'kimi o suki ni natte shimattan darou?' meski saya tidak tahu persis artinya.... hahahahaha





setelah beberapa bulan saya baru menyadarinya?...... hohohoho
bahwa kalimat pertama ini cukup kompleks. *meskipun banyak juga yang kompleks
tapi karena ini kalimat pertama yang saya hapal, rasanya ingin sekali mengetahuinya....
walau dulu saya tahu artinya ' why did i fall in love to you?' tapi dulu saya ga ngerti kenapa pake partikel wo sebelum suki...

dan ternyata saya mempelajarinya di bab 18 dan 20 ini....
doushite----  kimi --- wo---- suki --- ni ---- natte---- shimattan ---- darou?

jadi dijelaskan bahwa..... sebelum kata narimasu.... kata sifat harus menggunakan ni(u/ kta sifat 2) dan ku (u/ kata sifat 1).......... dan natte adalah bentuk -te dari narimasu!! :D

sedangkan shimattan darou---- berasaldari kata- shimau-- mengandung arti berakhir, selesai, tamat yang identik dengan kekecewaan dan penyesalan..... dls... N pada shimattan menunjukan penekanan , bahwa ia benar-benar menyesal... shimattan= shimau(bentuk kata kerja Ta + N) dan darou yang kita dengar mengandung arti.... hmmm...mmm...*mungkin lebih kya... tau ga?---ga punya arti sih kayanya.... kaya penekanan lagi untuk meyakinkan...*


lalu kenapa kimi wo suki?
itu ternyata karena.... dibelakangnya ada natte... natte adalah kata kerja yang membuat partikelnya berubah... hohohoho...

sekian teman2.... ternyata..... emang bisa kan belajar dari lagu...
sou, ganbatte!!! hahahahahahah .... jyaa na...

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

(review) bab 11---- ~て、~くて、part1

japanese idiom (part one)