(review) agemasu-kuremasu = memberi

こんにちはみんな。。
(hallo semua..)



it's my first post... >.< sekarang saya mau me-review pelajaran dulu ya.. sekalian belajar buat besok :D dewa, hajimemashoo.... hari ini, 11年03月08日 sensei (panggilan kepada guru,dosen dan orang-orang yang lebih dihormati, memiliki jasa kepada kita dan jauh lebih berpengalaman)saya, setelah cutinya beberapa bulan kemarin kembali mengajar...
sensei saya saiko(the best)-lah.
gampang ngertinya kalau belajar sama beliauu.. :D


tadi belajar bab 14 dari manabou nihongo.
bab ini berisi tentang "memberi, diberi, memberi"
memberi (1) adalah======== agemasu (あげます) (あげる)
memberi (2) adalah======== kuremasu(くれます) (くれる)



nah apakah bedanyaaa....? 

Agemasu........

agemasu memiliki pola seperti ini:

pemberi は penerima に benda を agemasu。

dan
kuremasu..... memiliki pola seperti ini:

pemberi は penerima に benda を kuremasu。

lalu apa bedanya??


bedanya.... pemberi dan penerima pada agemasu bisa siapa saja, yang penting orang :D
tapi... kalau kuremasu
Penerima WAJIB/KUDU/HARUS saya!!(kita, dirikita sendiri)
jadi polanyaa.. pemberi は watashi(saya) に benda を kuremasu。
karena itu... bentuk kuremasu bisa dihemat dengan..


pemberi が benda を kuremasu.
karena subjeknya udah pasti saya..



MORAIMASU adalah kebalikan dari agemasu...

polanya juga kebalikan :D
artinya menerima...
polanya seperti ini..



penerima は pemberi に benda を moraimasu。



singkatnya...
Agemasu = memberi...
watashi wa haha ni purezento wo agemasu.
(saya akan memberikan kado kepada ibu)

moraimasu= menerima
haha wa watashi ni purezento wo moraimashita.
(ibu menerima kado dari saya)

kuremasu= memberi
ane wa watashi ni hana wo kuremasu
atau
ane ga hana wo kuremasu
(kakak memberikan bunga kepada saya sendiri)


soo... gampang kah?
kalau susah tanya kesaya aja :D
moga bisa di mengerti...
jaa... ganbatte buat besok :D

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

(review) bab 11---- ~て、~くて、part1

japanese idiom (part one)